PENELITIAN TINDAKAN KELAS UNTUK GURU SEKOLAH DASAR

Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Sekolah Dasar Copyright © Kokom Komara 2019

Penulis: Kokom Komara

ISBN: 978-602-53493-7-9

Editor: Neneng Hendriyani

Penyunting dan Penata Letak: Tim CV Cakrawala Milenia Jaya

Desain Sampul: cahsantri.id@gmail.com

Cetakan Pertama, Maret 2019

Komara, Kokom Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Sekolah Dasar/Kokom Komara.; Editor, Neneng Hendriyani -cet.12019 Ukuran: 14.8 x 21 Jumlah Halaman vi + 99

Buku ini disusun sebagai upaya nyata untuk memberikan sumbangsih saran kepada rekan-rekan guru terutama yang mengajar di Sekolah Dasar. Semoga ilmu yang dibagikan melalui buku kecil ini dapat bermanfaat bagi rekan-rekan guru semua. Sehingga rekan-rekan guru dapat termotivasi untuk melaksanakan kegiatan penelitian tindakan kelas di kelas masing-masing. Dengan begitu kita secara bersama-sama telah berhasil mengembangkan potensi kita sebagai guru dan telah berupaya memperbaiki kualitas pengajaran yang kita lakukan. Selain itu dengan melakukan penelitian tindakan kelas, kita pun dapat mengajukan kenaikan pangkat dan golongan ke tingkat yang lebih tinggi.

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MENULIS DI KELAS RENDAH DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS II SDN SAWAH KULON

Kokom Komara SD Negeri Sawah Kulon UPTD Pendidikan Kecamatan Pe Sawah an Kabupaten Purwakarta e – mail komaraumi87@gmail.com

ABSTRAK Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang perlu dimiliki para siswa, karena keterampilan menulis bersifat fungsional bagi pengembangan diri. Baik untuk melanjutkan studi, maupun untuk terjun ke masyarakat. Oleh sebab itu, keterampilan merupakan tujuan dalam pengajaran bahasa Indonesia. Namun pengajaran menulis di sekolah belum berjalan dengan baik. Rendahnya minat siswa dalam pembelajaran menulis dan cara guru mengajar kurang bervariasi, dipengaruhi faktor intern yaitu faktor yang terdapat dalam diri anak dan faktor ekstern yaitu faktor yang mempengaruhi tingkah laku anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini mengenai langkah-langkah pembelajaran menulis, hasil pembelajaran menulis di kelas rendah dengan media gambar, dan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan nilai postes. Berdasarkan hasil penelitian bahwa langkah-langkah pembelajaran menulis di kelas rendah dapat meningkatkan keberhasilan dalam pembelajaran menulis dengan hasil rata-rata pada siklus I pretest 5,8 dan hasil postes 6,3 Siklus II Rata –rata Pre-tes 6,5 dan hasil postes 7,7 dan pada siklus III hasil rata-rata pre-tes 8.1 dan hasil postes 9,6 sedangkan KKM 7,0 terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan nilai postes, ternyata kegiatan siklus I, II, dan III mengalami kenaikan maka dinyatakan penelitian ini valid atau berhasil. Model pembelajaran dengan media gambar ini untuk siswa kelas rendah yaitu kelas I, II, dan III yang menjadi objek penelitian yaitu siswa kelas II. Metode yang penulis gunakan yaitu metode eksperimen semu sedangkan teknik penelitiannya adalah pengumpul data dan teknik pengolahan data. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan ( planning ) , tindakan (action) , pengamatan (observing) , dan refleksi (reflecting) . Penerapan Model Pembelajaran Menulis di Kelas Rendah dengan Media Gambar pada Siswa Kelas II SDN Sawah kulon menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis dengan media gambar. Terbukti siswa sudah bisa menggunakan dan mengembangkan kata-kata sendiri pada pembelajaran menulis.

Selanjutnya sila baca langsung buku ini. Kelebihan buku ini adalah di dalamnya ada tiga PTK yang dapat dijadikan contoh dan referensi Bapak dan Ibu Guru SD.

Get this book through Bumori53.

Please follow and like us:
0

Published by

cmj

Cakrawala Milenia Jaya adalah web resmi CV. Cakrawala Milenia Jaya yang bergerak di bidang penerbitan indie (indie publishing). Hub. WA 08131636202-085715773482, e-mail: cakrawalamileniajaya@gmail.com, ig: @cakrawalamilenia

Leave a Reply