Sugesti dan Model Pembelajaran PBL dalam Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Teks Deskriptif

Penulis: Tirabidah
Penerbit: CV Cakrawala Milenia Jaya
Bumi Karadenan Permai Blok AA8 No.11-12
Cibinong – Bogor Jawa Barat
cakrawalamileniajaya@gmail.com
https://cakrawalamj.co.id
Ig: @cakrawalamilenia
Cetakan Pertama, Oktober 2021
ISBN: 978-623-6581-37-7
Editor: Neneng Hendriyani
Penata Letak: Hapiah Wardah
Desainer Sampul: Cahsantri
vi + 60 halaman; 14 cm x 20 cm

Sugesti dan Model Pembelajaran PBL dalam Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Teks Deskriptif (Source: Dokumentasi CV Cakrawala Milenia Jaya)

Buku ini ditulis berdasarkan hasil pemikiran dan penelitian sederhana yang dilakukan penulis selama mengajar Bahasa Inggris di sebuah sekolah menengah pertama di Aceh.


Dari apa yang sudah dilakukan penulis sebelumnya penulis mendapati kenyataan bahwa hanya 15 % siswa yang diajarnya mampu memeroleh nilai KKM 85 dan atau di atas 85 secara benar baik di ulangan harian, ujian tengah semester atau pun semester. Hasil ini tentu saja tidak memuaskan. Semua orang paham benar bahwa bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang perlu dikuasai dewasa ini. Bagaimana bisa mereka yang akan menjadi penerus bangsa ini tidak mampu mencapai batas Kriteria Ketuntasan Minimal yang sudah ditetapkan sekolah.
Hal tersebut lah yang membuat penulis bergerak untuk memperbaiki keadaan dengan cara mengubah situasi dan kondisi yang tidak nyaman ini dengan memperbaiki strategi, metode, dan model pembelajaran, dan juga dengan merancang permainan (game) untuk PBM bahasa Inggris. Namun ternyata itu tidak mudah. Masih saja ada siswa yang belum termotivasi untuk belajar dan berubah. Mereka enggan membawa kamus dari rumah dan bahkan malas meminjamnya dari perpustakaan sekolah.

Alhamdulillah, berkat pemberian sugesti dan penerapan model pembelajaran PBL penulis akhirnya dapat tersenyum lega. Hasil prestasi belajar peserta didiknya meningkat.
Semoga sekelumit pengalaman yang ditulis dalam buku ini dapat memotivasi rekan sejawat, guru Bahasa Inggris, di tanah air.

Published by

cmj

Cakrawala Milenia Jaya adalah web resmi CV. Cakrawala Milenia Jaya yang bergerak di bidang penerbitan indie (indie publishing). Hub. WA 08131636202-085715773482, e-mail: cakrawalamileniajaya@gmail.com, ig: @cakrawalamilenia

Leave a Reply