Goresan Pena Tabir Mimpi Bergerak Nyata (Antologi Puisi Perjuangan Kepala Sekolah Penggerak Meraih Cita)

Penulis : Komunitas Kepala Sekolah Penggerak SD Angkatan I Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Anis Shaidah Ulfa, Ati Nurhasanah, Basuki Rahmat, Dawamatun Ni’ami, Djoko Wibowono, Dudu Kurniadi, Eem Nurmayanti, Erah Rahmawati, Esti Wahyu Mudjiastutik, Eti Haryati, Evranita, Hera Prastari, Ina Kiraina, Jakaria, Laila Nuri Sutoyo, Muhammad Yasin, N. Tintin Rondasih, Nurhayati, Nurul Nuzlia, Onah, Rd. Dety Anggraeny, Rio Ardi, Sidik Abdullah, Soleh Supriyadi, Solihat, Sri Mundaryati, Sri Suhartati, Suhartatik, Titin Watini, Tony Subawanto, Yanto, Yuliawati.

Editor :  Susilowati Suzi dan Sri Suhartati

Penata Letak : Drs. Iyus Yusandi, M.Pd.

Desain Sampul : Yasmin Nursabilillah Putri Adnan

Cetakan Pertama, April 2022

Penerbit

Cakrawala Milenia Jaya

Bumi Karadenan Permai Blok AA8 No.11-12

Cibinong – Bogor Jawa Barat

cakrawalamileniajaya@gmail.com

https://cakrawalamj.co.id

Ig: @cakrawalamilenia

xi + 181 halaman; 14 cm x 20 cm

Program Sekolah Penggerak merupakan Kebijakan Merdeka Belajar Episode ke VII. Program ini dari Kemendikbudristek untuk mewujudkan visi reformasi pendidikan Indonesia yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik, melalui enam Profil Pelajar Pancasila. Rekutmen Program Sekolah Penggerak Angkatan 1 pada jenjang Satuan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor berjumlah 32 Sekolah Dasar yang terpilih menjadi Sekolah Penggerak. Sekolah-sekolah tersebut tersebar di beberapa Kecamatan. Selama satu semester perjalanan program sekolah penggerak dilaksanakan, saya selaku pendamping sangat mengapresiasi kegigihan dan semangat para kepala sekolah dalam menjalankan program sekolah penggerak untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan di sekolah.

Keberhasilan Program Sekolah Penggerak merupakan hasil dari kolaborasi, di antaranya pada satuan pendidikan antara kepala sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan, pengawas pembina yang tergabung dalam komite pembelajaran beserta pelatih ahli yang memberikan support terhadap program tersebut.

Perjalanan Program sekolah penggerak di akhir semester melakukan ekspose Projek Profil Pelajar Pancasila untuk pengembangan soft skills dan karakter (iman, taqwa, dan akhlak mulia, gotong royong, kebhinekaan global, kemandirian, nalar kritis, kreativitas). Kegiatan tersebut melibatkan pemangku kepentingan di daerah.

Hasil dari implementasi program sekolah penggerak selama satu semester, tertulis dalam sebuah karya goresan puisi yang dibuat oleh 32 kepala sekolah tingkat satuan pendidikan dasar dengan judul “Goresan Pena Tabir Mimpi Bergerak Nyata” Karya ini merupakan bukti nyata semangat yang membara dari kepala sekolah dalam mengimplementasikan program sekolah penggerak untuk mewujudkan visi reformasi pendidikan dan Bogor Cerdas.

Bogor Cerdas, Salam Pancakarsa.

Bogor, Januari 2022

Yusef  Gunawan, M.Pd

Dapatkan buku ini dengan menghubungi koordinator penulis atau .

Published by

cmj

Cakrawala Milenia Jaya adalah web resmi CV. Cakrawala Milenia Jaya yang bergerak di bidang penerbitan indie (indie publishing). Hub. WA 08131636202-085715773482, e-mail: cakrawalamileniajaya@gmail.com, ig: @cakrawalamilenia

Leave a Reply