Pemikiran Politik Klasik Hingga Kontemporer

Hak Cipta Dilindungi Undang-undang

All Right Reserved

Penulis          :  Irmawan Effendi, dkk

QRCBN         :   62-839-4078-260

Penyunting   : Neneng Hendriyani

Lay out          : Tim CMJ

Desain Sampul: Hapiah Wardah

Cetakan Pertama, Februari 2024

Penerbit

Cakrawala Milenia Jaya

Bumi Karadenan Permai Blok AA8 No.11-12

Cibinong – Bogor Jawa Barat

cakrawalamileniajaya@gmail.com

https://cakrawalamj.co.id

Jumlah halaman vii+195

Buku ini merupakan hasil kompilasi pelbagai konsep pemikiran politik yang sudah menjadi rahasia umum untuk mendalami dasar-dasar berpijak dalam bicara tentang konsep politik secara menyeluruh. Karya ini berhasil dikemas dalam tiga bentuk pemikiran yang disesuaikan zamannya.

Pembahasan dimulai dari pemikiran klasik dengan menghadirkan para filsuf Yunani Kuno yang telah menjadi peletak dasar dari pemikiran-pemikiran politik selanjutnya. Dilanjutkan dengan pemikiran modern yang sebagian besar sangat dipengaruhi oleh pemikir pendahulunya. Tidak bisa dimungkiri bahwa para pemikir klasik telah menginspirasi para pemikir modern yang pada gilirannya telah banyak melahirkan paham yang akan dijadikan “label” bagi para pengikutnya, seperti rasionalisme, idealisme, relativisme dan masih banyak lagi.

Akhirnya melihat kondisi pada zaman sekarang, di mana perdebatan perpolitikan menjadi sebuah keniscayaan yang terus menerus berkembang, penulis sengaja menghadirkan karya pemikiran politik kontemporer yang bisa menjadi rujukan bagi para pemikir zaman now yang butuh dasar berpijak, agar masih dapat berpegang pada akar dan tidak terjebak pada praktik politik yang mengabaikan etika dan moralitas.

Diskursus perpolitikan di Indonesia saat ini menjadi aktual, manakala dikaitkan dengan perhelatan lima tahunan, yaitu pemilu. Praktik politik yang sudah meninggalkan etika politik seharusnya dikembalikan kepada arah yang seharusnya (das sollen) bukan sekadar kenyataan yang kadang penuh dengan intrik dan aktivitas yang menerjang aturan. Dalam kondisi seperti ini pembaca perlu kembali kepada “khitoh” dasar pemikiran politik yang seharusnya. Buku ini semoga dapat dipakai sebagai tempat kembali becermin melihat praktik politik yang benar, sehingga krisis praktik politik yang berlangsung selama ini dapat dikritisi dan akhirnya dapat menemukan jalannya yang merupakan dambaan semua umat manusia yaitu beretika secara politik.

Published by

cmj

Cakrawala Milenia Jaya adalah web resmi CV. Cakrawala Milenia Jaya yang bergerak di bidang penerbitan indie (indie publishing). Hub. WA 08131636202-085715773482, e-mail: cakrawalamileniajaya@gmail.com, ig: @cakrawalamilenia

Leave a Reply