Pesona Kebun Raya Cibinong

Cover Pesona Kebun Raya Cibinong (Sumber: CV CMJ)

Penulis               :  Amanda Muthia, dkk

QRCBN               :   62-839-9102-494

Editor                 :   Dina Ardianti

Lay out               :   Tim CV CMJ

Desain Sampul:   Danika Pramesti

Cetakan Pertama, Mei 2023

Bogor memang selalu menyimpan wisata alam yang tiada habisnya. Namun, tahukah Anda bila di daerah Cibinong, Kabupaten Bogor, terdapat sebuah kebun raya yang indah dan asri. Namanya adalah Kebun Raya Cibinong.

Kebun Raya Cibinong biasa disebut dengan turunan dari Kebun Raya Bogor. Sama halnya dengan Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibinong juga menyimpan banyak koleksi tumbuhan dan keanekaragaman hayati. Ada sekitar lebih kurang seribu spesies tumbuhan tropis dataran rendah yang bisa Anda nikmati di kawasan wisata alam ini.

Mengapa bisa disebut sebagai turunan dari Kebun Raya Bogor? Hal ini disebabkan karena Kebun Raya Cibinong merupakan tempat pelengkap kekurangan tumbuhan di Kebun Raya Bogor yang terdiri dari spesies tanaman yang belum tersedia di Bogor.

Kebun Raya Cibinong juga menjadi tempat rehabilitasi tumbuhan yang sudah mulai langka dan tidak tersedia lagi di mana pun. Terdapat beberapa tanaman langka yang dirawat dan dikembangkan oleh penjaga dan petugas perawatan di Kebun Raya Cibinong ini. Selain itu, petugas bagian merawat tumbuhan di Kebun Raya Cibinong ini merupakan seseorang yang memiliki pengalaman mengenai pembibitan serta perawatan tumbuhan. Hal itu menjadikan tumbuhan di kebun raya ini menjadi sangat terjaga dan terawat.

Terkait kemampuan petugas Kebun Raya Cibinong, terdapat kutipan pernyataan dari narasumber. Kutipan ini menggambarkan kemampuan petugas Kebun Raya Cibinong.

Ada yang namanya Pak Teguh, beliau ini sangat pengalaman dalam melakukan pembibitan dan perawatan tumbuhan. Ia juga pernah menjuarai Lomba Sains tingkat Nasional dan meraih Juara 2, bahkan sampai mengalahkan seorang professor.”

(Sumber : Kak Faried-Narasumber)

Berdasarkan hal di atas, diketahui bahwa pengelola dan pihak yang terlibat dalam proses pengembangan dan pembibitan di Kebun Raya Cibinong adalah orang-orang yang sangat berpengalaman dan paham di bidangnya. Maka dari itu, Kebun Raya Cibinong menjadi salah satu tempat konservasi lingkungan dan tumbuhan langka dalam pembibitan tumbuhan-tumbuhan yang ada di Indonesia.

Awal berdirinya Kebun Raya ini dicetus oleh Ibu Hj. Sugiarti bersama rekan-rekannya yang di antaranya bernama Bapak H. Gogo dan Bapak H. Tahrodin. Setelah itu, pengelolaan dan pengembangannya dipegang alih oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang sekarang dikenal sebagai BRIN (Badan Riset Inovasi Nasional).

Kebun Raya Cibinong dikelola langsung oleh BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) yang sebelumnya dikelola oleh  LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). Alasan pergantian nama lembaga tersebut adalah karena Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) telah dilebur menjadi organisasi riset di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Peleburan tersebut berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 78 Tahun 2021 tentang Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Dalam Perpres tersebut, diatur bahwa semua lembaga penelitian harus diintegrasikan ke dalam BRIN. BRIN adalah lembaga non-kementrian yang posisinya berada di bawah Presiden Indonesia melalui menteri yang ada dan membidangi urusan pemerintahan terkait riset dan teknologi. Staf pengelola Kebun Raya Cibinong terdiri dari beberapa staf kantor, penjaga keamanan dan juga petugas perawatan dan kebersihan. Petugas perawatan dan penjaga keamanan terdiri dari lebih kurang 50 orang, sedangkan staf dan manajemen kantor lebih kurang 23 orang.

Kebun Raya Cibinong merupakan salah satu dari enam kebun botani di bawah naungan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) yang bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bogor sebagai pihak pemberi anggaran penataan hutan di tengah kota. Kebun Raya Cibinong ini sudah dibuka untuk umum sejak tahun 2005 dengan nama Ecopark (Ecology Park), lalu pada tahun 2018 sampai 2020, pihak pengelola wisata melakukan penataan ulang pada kawasan wisata hijau ini. Oleh karena itu, akhirnya Ecopark berganti nama menjadi Kebun Raya Cibinong.*)

Published by

cmj

Cakrawala Milenia Jaya adalah web resmi CV. Cakrawala Milenia Jaya yang bergerak di bidang penerbitan indie (indie publishing). Hub. WA 08131636202-085715773482, e-mail: cakrawalamileniajaya@gmail.com, ig: @cakrawalamilenia

Leave a Reply